Pemilihan bahan makanan sangatlah penting saat Anda ingin menyajikan makanan bergizi untuk si kecil. Anak harus mendapatkan asupan nutrisi lengkap lewat berbagai jenis makanan yang mereka makan. Kali ini akan dibahas lebih lengkap bahan apa saja yang bisa dipakai agar bisa menyajikan menu makanan sehat untuk anak.

Bahan Makanan Sehat

Penggunaan bahan makanan segar dan alami sangat disarankan untuk si kecil. Anda dianjurkan untuk menghindari pemakaian bahan makanan olahan dengan kandungan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan. Berikut adalah ragam pilihan jenis bahan makanan sehat yang bisa digunakan:

1.      Sayuran

Jelas sekali bahwa sayuran masuk ke dalam kategori makanan sehat yang penting untuk diberikan kepada si kecil. Sayangnya tak mudah untuk membuat anak suka makan sayuran. Anda bisa mencoba menyajikan sayuran dalam varian yang beragam dan pastinya dengan rasa yang enak. Jenis sayuran yang bisa diberikan kepada anak bervariasi mulai dari wortel, bayam, brokoli, tomat, dan masih banyak lagi.

2.      Buah Segar

Selain sayuran, sajikan juga aneka buah segar untuk si kecil. Lain halnya dengan sayur, biasanya anak akan jauh lebih mudah untuk mengonsumsi buah. Banyak sekali beragam buah yang kaya vitamin untuk si kecil. Anda bisa memberikan alpukat, pisang, apel, pir, semangka, dan lain sebagainya. Sajikan buah sebagai camilan di sela waktu makan utama.

3.      Aneka Daging

Selain makan buah dan sayur, anak juga harus mendapat sumber protein berkualitas dari aneka jenis daging. Anda bisa memberikan beragam daging seperti daging ayam, daging sapi, juga daging ikan. Pastikan untuk mencuci bersih daging sebelum diolah dan masak dengan benar sampai matang sempurna.

4.      Sereal dan Roti Gandum

Pilihan berikutnya yang dapat disajikan sebagai menu makanan sehat kepada anak adalah sereal serta roti gandum. Ini bisa jadi pilihan makanan yang pas untuk disajikan saat sarapan. Menu makanan sehat untuk anak di pagi hari tak harus selalu nasi dan lauk. Anda juga bisa sesekali memberikan sereal atau roti gandum sebagai sarapan agar tidak terasa membosankan.

5.      Susu dan Yogurt

Penuhi kebutuhan kalsium dan mineral si kecil dengan memberikannya susu. Anda bisa menyajikan beragam jenis susu sesuai kebutuhan si kecil. Bisa jenis susu sapi, susu almond, susu UHT, susu kedelai, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan produk olahan susu salah satunya yogurt. Susu dan yogurt akan menjadi sumber kalsium serta membantu memperlancar sistem saluran cerna.

Itulah beberapa pilihan bahan yang bisa digunakan saat ingin menghadirkan menu makanan sehat untuk anak. Variasikan makanan yang disajikan setiap harinya agar anak lebih bersemangat. Jangan lupa untuk selalu mengontrol kadar gula dan garam demi menjaga kesehatan tubuh si kecil di masa pertumbuhannya.