Mengonsumsi secangkir kopi di Indonesia bukan hal yang sulit. Banyaknya kedai kopi bahkan supermarket yang menjualkan kopi membuat konsumsi kopi dalam negeri semakin mudah. Terlebih jika predikat sebagai salah satu negara didunia penghasil kopi terbesar disandang oleh Indonesia. Tentunya produksi kopi dalam negeri berlimpah dan juga memiliki beragam rasa. Bahkan secangkir kopi sendiri kaya nutrisi dan manfaat kopi hitam sendiri baik untuk kesehatan.

Benarkah kopi baik untuk kesehatan? Selama ini stigma banyak orang ketika berbicara tentang kopi adalah negative. Padahal kopi ketika dikonsumsi dalam takaran yang tepat dan juga dikonsumsi dalam bentuk seduhan langsung menggunakan air panas, kaya akan berbagai kebaikan. Kopi mengandung antioksidan dan kaya akan senyawa polifenol yang baik untuk tubuh. Sebab itu, ada beragam jenis manfaat kopi hitam yang baik bagi tubuh.

Biji kopi yang ditanam di Indonesia sendiri ada dua jenis yakni robusta dan arabika dengan dominasi panen adalah robusta. Kedua jenis biji kopi ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Kandungan kedua jenis biji kopi ini pun berbeda dimana akan menghasilkan manfaat kopi hitam yang cukup berbeda juga. Apa saja sih perbedaan kedua jenis biji kopi tersebut?

Kopi Robusta

Kopi dengan produksi terbesar dalam negeri. Robusta sendiri merupakan tanaman kopi yang lebih tahan terhadap hama daun dan bisa ditanam di dataran rendah dengan suhu sejuk. Sebab itu, produksinya cukup melimpah dalam negeri. Dari beragam jenis tanaman kopi yang diperkenalkan dilahan Indonesia, robusta menjadi tanaman kopi yang paling tahan dan cocok ditanam dalam negeri. Berikut merupakan keunggulan kopi robusta dibandingkan dengan arabika.

  • Kadar kafein yang tinggi
  • Kandungan gula rendah
  • Keasaman yang rendah dan cenderung pahit
  • Ukuran bijinya lebih kecil
  • Harganya affordable

Kopi Arabika

Produksi kopi dunia didominasi oleh kopi arabika. Jenis kopi ini sendiri mampu mendominasi produksi kopi dunia ±70%. Kopi arabika cenderung memiliki rasa keasaman yang cukup dominan dan memiliki variasi aroma. Daerah dengan produksi kopi arabika yang besar dalam negeri adalah Aceh dengan salah satu wilayah perkebunan yang besarnya berada di Gayo. Kopi arabika cukup diminati dalam perdagangan internasional karena memiliki beragam aroma dan flavour. Berikut merupakan keunggulan arabika dibandingkan robusta dari segi komposisi.

  • Kadar kafein sangat rendah
  • Kandungan gula dalam kopi cukup tinggi
  • Tingkat keasaman yang cukup tinggi
  • Ukuran bijinya yang terbilang besar dan oval
  • Harganya cenderung tinggi

Kedua jenis kopi diatas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Bila kamu suka sekali kopi yang ringan, maka kamu bisa mengkonsumsi kopi dengan jenis arabika saja. Sedangkan bila kamu suka kopi yang berenergi dan juga cenderung lebih kuat maka kamu bisa mengonsumsi kopi robusta sebagai gantinya.