Apa Itu CSV? Bagi mereka yang biasa berkutat pada dunia komputer tentunya akan menganggap bahwa CSV itu merupakan format dari file yang biasa di gunakan pada Microsoft Excel. Tapi karena kali ini yang kita bahas adalah dalam ruang lingkup bisnis. CSV adalah singkatan dari Creating Shared Value yang merupakan konsep bisnis yang membahas sebuah strategi dalam menjalankan sebuah bisnis dengan mementingkan masalah serta kebutuhan sosial yang berhubungan dengan perencanaan dalam sebuah strategi di perusahaan yang bergerak di bidang industri.

Awalnya dalam membangun strategi bisnis di bidang industri pengusaha menggunakan CSR(Corporate social responsibility) yang mana tanggung jawab sosial hanya menjadi tanggungan perusahaan. Tapi seiring berjalannya waktu metode CSR mulai mengalami perkembangan, tepatnya pada tahun 2006 hasil pengembangan metoder CSR menghasilkan metode baru yang di sebut CSV yang di perkenalkan oleh dua orang ahli yaitu Michael Porter dan Mark Kramer.

Konsep CSV tidak hanya mementingkan keuntungan semata pada sebuah perusahaan tapi bagaimana perusahaan tersebut memberikan dampak positif berupa kesejahteraan sosial terhadap masyarakat di lingkungan perusahaan. Sebelumnya pengusaha selalu mengutamakan konsep bisnsi yang hanya mementingkan keuntungan semata tanpa memandang kesejateraan sosial, hal itulah yang membuat Michael Porter mengeluarkan kritik sehingga membaut konsep bisnis yang saling menguntung antara pengusaha dan kesejahteraan sosial.

Contoh sederhana sebuah bisnis yang tidak menerapkan konsep CSV adalah pada proses produksi, perusahaan tersebut tidak peduli dengan kondisi lingkungan bahkan membuat pencemaran yang berakibat pada polusi serta rusaknya ekosistem di sekitar. Namun dengan konsep CSV maka pengusaha harus memikir proses produksi serta bagaimana dampak terhadap lingkungan di sekitarnya jadi menguntung bagi pengusaha dan masyarakat di sekitar. Jika di ringkas secara sederhana dapat di simpulkan bahwa konsep Creating Shared Value (CSV) dalam proses menjalankannya perusahaan yang bergerak di industri akan memasukan masalah yang di alami oleh masyarakat dan yang menjadi kebutuhan masyarakat kedalam bisnis jadi perusahaan tidak hanya membangung bisnsi tapi juga membangun ekonomi masyarakat menjadi lebih baik.

Oleh sebab itu penting sekali bagi anda yang baru terjun menjadi pengusaha terutama di bidang industri paham akan konsep Creating Shared Value (CSV), karena perusahaan yang berhasil menjalakan konsep tersebut di anggap sebagai sebuah perusahaan yang sukses secara ekonomi dan sosial serta memiliki reputasi yang baik.

Meskipun dalam prakteknya tidak mudah dalam menerapkan Creating Shared Value (CSV) tapi pelan tapi pasti sebagai seorang pengusaha anda mesti banyak belajar tentang konsep tersebut mulai dari buku, media online hingga belajar langsung dari yang berpengalaman yang pernah atau sedang menjalankan konsep tersebut.