Kalsium merupakan jenis mineral yang wajib Anda penuhi untuk mendukung pertumbuhan anak lebih baik sejak usia dini. Pada susu coklat, kandungan kalsium yang tinggi bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mendukung kerja sistem saraf dalam tubuh. Tak heran kalau anak-anak yang mendapat asupan kalsium yang cukup bisa lebih aktif dalam kegiatan harian baik di rumah atau sekolah.

Manfaat kalsium bagi kesehatan si kecil

Di pasaran, Anda bisa menemukan ragam susu dengan label kalsium tinggi. Sebaiknya pilih produk susu coklat yang tepat selain bisa memberikan asupan kalsium lewat makanan. Pasalnya, susu bisa saja memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga mempengaruhi kesehatan si kecil.  Pada orang-orang yang alami defisiensi kalsium yang parah, pemberian suplemen kalsium dalam bentuk tablet, sirup atau kapsul bisa diberikan sesuai rekomendasi dokter terpercaya.

Supaya anak tidak mengalami kekurangan kalsium, ketahui manfaat kalsium dari susu berikut ini!

1. Menjaga kepadatan tulang dan gigi

Minum susu coklat secara rutin bisa membantu anak punya pertumbuhan yang baik yaitu tinggi dan berat badan yang ideal. Kebutuhan kalsium tercukupi sehingga kepadatan tulang tidak mudah rapuh saat ia dewasa kelak. Anak bisa menekan risiko alami osteoporosis bila mengkonsumsi susu dan makanan lain yang kaya kalsium sejak dini. Ia juga tidak akan mengeluhkan masalah pada gigi seperti gigi berlubang, keropos dan lain-lain.

2. Menjaga kesehatan organ jantung

Organ jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh tetap terjaga maksimal sehingga detak jantung lebih teratur dan mengurangi risiko hipertensi pada usia muda. Organ jantung yang bekerja optimal bisa membuat anak tumbuh lebih baik dan bebas risiko mudah lelah dan lemas akibat jantung tidak bisa bekerja dengan baik.

3. Menjaga sistem saraf tubuh

Ada banyak faktor yang membuat anak sering mengeluhkan lelah, lemas dan koordinasi gerak tidak terjaga yaitu kurang mendapatkan kalsium dan jenis vitamin lain. Sistem saraf yang terganggu bisa membuat koordinasi gerak dan otak tidak optimal sehingga anak mudah jatuh saat melakukan aktivitas fisik.

Kalsium bisa didapatkan dari berbagai makanan yang ada di sekitar Anda seperti produk susu, sayuran hijau brokoli, kale, kedelai, sereal, jenis ikan sarden, salmon, dan lain-lain. Hindari konsumsi suplemen kalsium bila ada riwayat penyakit jantung atau konsultasikan dengan dokter terkait konsumsi suplemen kalsium pada orang-orang yang alami defisiensi kalsium.

Susu coklat yang enak bisa Anda berikan pada anak sesuai usia mereka pada pagi dan jelang tidur malam hari. Memberikan asupan susu bisa membantu anak memiliki kalsium yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk mencegah risiko penyakit degeneratif seiring faktor usia. Kandungan nutrisi si kecil yang terpenuhi, maka ia akan tumbuh menjadi buah hati yang aktif dan berprestasi.