Cara mengecilkan perut saat ini banyak dicari, terutama bagi Anda yang tengah bermasalah dengan lingkar perut di atas normal. Sebab memiliki perut buncit memang sangat mengganggu penampilan yang dapat mengakibatkan penurunan rasa percaya diri.

Untuk menurunkan perut buncit Anda setidaknya harus berolahraga 30 menit sehari dan memperbaiki gaya hidup serta pola makan. Mengurangi konsumsi makanan berlemak dan memilih olahraga yang sesuai adalah cara terbaik untuk mengecilkan perut. Ada beberapa olahraga yang benar-benar bagus untuk dilakukan teratur agar mempercepat proses memperkecil lingkar perut.

Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Semua olahraga memang baik untuk kesehatan, tapi ada olahraga tertentu yang paling pas digunakan untuk memperkecil lingkar perut. Nah, bagi Anda yang sedang berusaha mengecilkan perut, beberapa olahraga ini dapat dipilih:

1. Berenang

Olahraga air satu ini memang paling bagus dilakukan ketika ingin menurunkan berat badan, termasuk ketika Anda hendak menurunkan lingkar perut. Berenang dapat menurunkan lemak tubuh dengan cara membakarnya secara bertahap.

Anda bisa melakukan olahraga ini 2-3 kali seminggu selama setengah jam. Namun, jangan lupa lakukan pemanasan dan peregangan selama 10 menit sebelum mulai berenang agar tidak mengalami kram saat berenang. Selain itu, jangan berenang terlalu lama karena bisa membuat Anda kedinginan.

2. Lari Santai

Cara mengecilkan perut berikutnya adalah dengan melakukan lari santai. Kegiatan olahraga satu ini sangat mudah dan praktis. Anda tidak memerlukan berbagai alat olahraga, hanya perlu menggunakan kaos olahraga dan sepatu lari.

Pembakaran lemak dengan cara ini akan efektif apabila Anda melakukannya setiap 3-4 kali dalam seminggu selama 30 menit saja. Anda bisa menambah waktunya hingga 1 jam, tapi jangan berlebihan sehingga membuat tubuh kelelahan.

3. Yoga dan Pilates

Yoga dan pilates merupakan olahraga yang santai, tapi sangat efektif mengecilkan perut. Melakukan yoga dan pilates selain membantu membakar lemak perut juga meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres.

4. Senam Aerobik dan Zumba

Anda tidak suka olahraga slow seperti yoga dan pilates? Bisa mencoba olahraga yang lebih energik yatu aerobik dan zumba. Kedua olahraga senam ini memiliki gerakan dinamis yang melibatkan seluruh tubuh. Bukan hanya ampuh membakar kalori dan lemak di perut, tapi juga memperbaiki mood dan meredakan stres.

5. Latihan Pengencangan Otot

Selain keempat jenis olahraga di atas Anda juga bisa melakukan pelatihan pengencangan otot perut untuk membuang lemak. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat dipilih, yaitu sit-up, crunches, dan plank.

Untuk sit-up dilakukan 2-3 set setiap hari, 1 set 10 kali. Jika memilih crunches Anda harus melakukannya setidaknya 10 hingga 20 kali per hari. Untuk plank bisa dilakukan setidaknya 10 kali dengan menahan posisi 20-30 detik setiap gerakan.

Mau memperkecil lingkar perut memerlukan kesungguhan dan ketekunan, serta harus menggunakan cara mengecilkan perut yang tepat. Jangan lupa, atur pola makan juga. Ingin mendapatkan informasi cara diet atau cara menjaga kesehatan? Silakan kunjungi laman Orami.co.id.