Salah satu hal yang penting dan wajib diperhatikan saat Anda memutuskan untuk memelihara kucing adalah soal pemilihan makanannya. Seperti manusia dan hewan lainnya, kucing peliharaan juga butuh asupan makanan terbaik agar tetap sehat dan berumur panjang. Berikut ini jenis makanan kucing dan cara tepat memilihnya.

Jenis-Jenis  Makanan Kucing

Makanan  kucing tersedia dalam berbagai bentuk. Kucing memerlukan nutrisi sehat dan seimbang pada makanannya, makanan terbaik sepenuhnya tergantung kebutuhan kucing tersebut. Sebagai aturan umum, makanan yang tinggi protein, rendah karbohidrat, dan dikemas dengan mineral dan vitamin adalah makanan yang ideal untuk mendukung hidup sehatnya. Berikut ini jenis makanan yang perlu Anda ketahui.

1.      Dry Food (Makanan Kering)

Makanan kering ini lebih ekonomis untuk kucing. Makanan kering ini dibuat dengan cara ekstrusi daging dengan tekanan dan suhu tinggi. Makanan ini merupakan pilihan termurah untuk kucing. Makanan kering ini memiliki tanggal kedaluwarsa sangat lama, satu kantong makanan kering ini bisa bertahan sampai beberapa bulan.

2.       Food (Makanan Basah)

Makanan basah ini biasanya lebih disukai oleh kucing dari pada makanan kering. Makanan ini memiliki kandungan air tambahan yang memiliki manfaat ginjal dan seluruh saluran kemih. Makanan ini biasanya sangat disukai kucing karena mudah dimakan dan sangat lezat. Namun sebaiknya Anda jangan memberikan makanan basah ini setiap hari, karena kucing bisa tidak mau makan makanan kering lagi.

3.      Makanan Mentah

Banyak orang yang memberi makanan mentah ini kepada kucing. Banyak pemilik kucing yang memilih untuk menyiapkan makanan ini sendiri, tetapi ada juga yang menjualnya. Kucing bisa mencerna makanan mentah lebih baik daripada manusia karena kucing memiliki pencernaan yang lebih pendek dan lebih asam.

4.      Makanan Protein Rendah

Meskipun makanan yang tinggi protein lebih ideal untuk kucing, namun kadang-kadang secara medis kucing memerlukan makanan rendah protein. Dengan makanan yang sedikit protein kucing akan lebih sedikit untuk ekskresi protein, yang bisa membantu menjaga fungsi ginjal. Untuk kucing yang memiliki penyakit ginjal kronis, makanan basah ini bisa membantu memperlambat perkembangan penyakit. Jadi makanan yang rendah protein ini juga bisa bermanfaat untuk kucing tertentu yang memiliki penyakit ginjal kronis.

Cara Menentukan Makanan Kucing yang Tepat

Jika Anda memiliki kucing, jangan asal memberi makanan Anda harus mengetahui terlebih dahulu makanan yang tepat untuk kucing Anda. Karena jika Anda memberi makanan yang tidak tepat, bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada kucing. Berikut ini cara yang tepat menentukan makanan untuk kucing.

1.      Sesuaikan Umur Kucing

Setiap kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda pada usia yang berbeda. Jadi jangan asal memberi makanan kucing. Anak kucing membutuhkan makanan dengan protein lebih tinggi dibandingkan kucing yang sudah dewasa. Biasanya saat Anda membeli makan kucing di petshop sudah ada label yang sesuai dengan umur kucing.

2.      Sesuaikan Kebutuhan

Ada juga makanan kucing yang khusus untuk kucing hamil, menyapih, dan berbagai tahap usia. Makanan kebiri juga tersedia, untuk kucing yang sudah dikebiri. Jadi bagi Anda yang ingin memilih makanan untuk kucing, Anda juga harus memperhatikan hal ini.

3.      Seberapa Mudah Mendapatkan Makanan

Pilihlah makanan yang mudah Anda dapat di petshop, dan sesuaikan budget Anda. Karena perubahan mendadak dalam pola makan dapat menyebabkan kucing diare, dan mogok makan. Jadi Anda harus memilih makanan yang mudah didapat dan menentukan budget yang Anda miliki, agar jika makanan kesukaan kucing Anda habis, Anda tidak mengganti makanan lain.

Itulah informasi mengenai 4 jenis makanan kucing dan cara tepat memilihnya. Jadi Anda harus memilih makanan yang sesuai dengan kucing Anda.  Jika  Anda salah memilih makanan, kucing Anda akan terganggu kesehatannya. Pilihlah makanan yang tepat, agar kucing Anda sehat.